-->

Oviduk Definisi

oviduk, infundibulum,  Tubektomi, vasektomi, isthmus merupakan, fimbriae

Dellmann (1995) mengatakan bahwa, oviduk bersifat bilateral. Strukturnya berliku-liku yang menjulur dari daerah ovarium ke cornu uteri dan meyalurkan ovum, spermatozoa, dan zigot. Tiga segmen tuba uteri dapat dibedakan, yakni infundibulum yang berbentuk corong besar, ampula yang merupakanbagian dinding tipis yang mengarah ke belakang dari infundibulum dan isthmus merupakan segmen berotot kecil yang berhubungan langsung dengan uterus.

Jamalia (2006) mengatakan bahwa, ujung oviduk yang berdekatan dengan ovarium terdapat infundibulum, berupa corong yang berhubungan dengan fosa ovuatoris. Tepi akhir infundibulum terbelah tidak bertautan membentuk fimbriae dan sebagian melekat pada fossa ovulatoris. Fimbriae akan menarik dan menangkap ovum serta mengarahkannya masuk kedalam oviduk. Permukaan infundibulum yang tertutup oleh lapisan seperti beludru serta proyeksinya yang menyerupai jari meningkatkan area permukaan dan memudahkan fimbriae untuk menyapu permukaan ovarium saat akan ovulasi. Bagian tengah infundibulum terdapat sebuah pintu terbuka yang berhubungan dengan ruang peritoneum, bagian ini disebut dengan ostium abdominales.

Infundibulum berhubungan langsung dengan bagian oviduk yang menebal disebut ampulla. Panjang ampulla setengah dari oviduk, dengan diameter relatif cukup besar dan mukosa epitel bersilia seperti pakis. Ampulla bergabung dengan istmus yang disebut dengan ampulla istmus junction. Hubungan ini berfungsi untuk mengontrol ovum yang telah dibuahi saja. Istmus berhubungan langsung dengan cornue uteri dan memiliki diameter yang lebih kecil dengan dinding muscular yang lebih tebal disbanding ampulla. Titik penghubung antara istmus dan cornue uteri disebut uteri tubal junction. Oviduk sapi betina merupakan satu pasang saluran yang berkelok-kelok dan berjalan dari ovarium ke bagian sempit cornua uteri. Oviduk memiliki garis tengah terkecil kira-kira mulai dari bagian pertengahan pembuluh sampai titik terdekat persambungan dengan cornua uteri. Alat-alat kelamin dalam digantung oleh ligamentum lata. Ligamentum ini terdiri dari mesovarium atau penggantung ovarium, mesosalpink atau penggantung oviduk, dan mesometrium atau penggantung uterus (Frandson, 1998).

Tubektomi sama halnya dengan vasektomi. Tubektomi adalah memotong kedua saluran oviduk yang menghubungkan ovarium danuterus, kemudian ujung-ujungnya ditutup dengan cincin atau dibakar. Tubektomi juga dapat dilakukan dengan mengikat atau menjepit saluran oviduk (tubal ring atau tubal clip). Sel telur yang diproduksi oleh ovariumtidak dapat bertemu dengan sperma, karena saluran untuk transportasi sel telur dan sel sperma terputus sehingga tidak dapat terjadi pembuahan (Jannah, 2009).

0 Response to "Oviduk Definisi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel