-->

Ovarium Definisi

Ovarium Definisi

Ovarium yaitu organ betina yang homolog dengan testes pada hewan jantan. Berbeda dengan testes, ovarium tertinggal di dalam cavum abdominalis. Ovarium mempunyai dwifungsi, sebagai organ eksokrin yang menghasilkan sel telur atau ovum dan sebagai endokrin yang mensekresikan hormon-hormon kelamin betina, estrogen dan progesteron (Feradis, 2010).
            Fungsi ovarium adalah menghasilkan sel telur (ovum) dan sebagai kelenjar endokrin dan menghasilkan hormon estrogen, progesteron, dan inhibin (Widayati et al., 2008). Ovarium adalah organ primer (atau esensial) reproduksi pada betina seperti halnya testis pada hewan jantan. Ovarium dapat dianggap bersifat endokrin atau sitogenik (menghasilkan sel), karena mampu menghasilkan hormon yang akan diserap langsung ke dalam peradaran darah, dan juga ovum (jamaknya ova), yang dapat dilepaskan dari kelenjar (Frandson, 1998).
            Ovarium digantung atau disokong oleh suatu ligamentum yang luas (broad ligamentum) yang banyak terdapat syaraf-syaraf dan pembuluh darah (berfungsi memberi suplai zat-zat makanan yang diperlukan oleh ovarium dan saluran reproduksi). Ligamentum yang menggantung ovarium disebut mesovarium (Widayati et al., 2008).

            Antara ovarium dan oviduk terdapat suatu hubungan anatomik yang intim, walaupun tidak bersambung dalam arti kata yang sebenarnya. Ternak mamalia, ovarium terletak di dalam bursa ovari yang terbuka, berbeda dengan pada tikus dimana ia berada dalam kantong tertutup. Sapi dan domba bursa ovari cukup lebar dan terbuka. Pada babi ia agak menutupi ovarium. Ovarium kuda sempit dan hanya menyelubungi fossa ovulatoris (Feradis, 2010).
            Ovarium mamalia terdiri dari dua buah. Waktu pertumbuhan embrional, ovarium akan mengalami sedikit penurunan (descensus ovarica) ke arah kaudal menjelang saat dilahirkan. Ovarium mempunyai permukaan licin pada waktu sebelum terjadinya ovulasi secara teratur, warnanya abu-abu sampai merah muda. Masa remaja, permukaan ovarium menjadi tidak rata karena terbentuk banyak folikel yang baru maupun folikel yang telah dewasa, disamping adanya corpus luteum dan corpusalbikans. Bentuknya bervariasi tergantung kepada spesies hewan, dari bentuk bulat telur sampai dengan bentuk menyerupai kacang kara. Besarnya bertambah sesuai dengan bertambahnya umur maupun banyaknya anak yang dilahirkan. Golongan mamalia, ovarium terletak di dalam ronggga pelvis, sehingga organ ini sangat terlindungi dari kemungkinan kerusakan yang disebabkan oleh faktor luar. Letaknya bisa berubah-ubah karena adanya kebuntingan maupun umur yang bertambah, atau bisa juga karena terdesak oleh organ tubuh di sekitarnya (Hardjopranjoto, 1995).
         Pada golongan hewan yang melahirkan beberapa anak dalam satu kebuntingan (polytocous), ovariumnya berbentuk seperti buah murbei, contohnya pada babi, anjing, dan kucing. Golongan hewan yang melahirkan satu anak dalam satu kebuntingan (monotocous), ovariumnya berbentuk bulat panjang oval, contohnya pada sapi dan kerbau, sedangkan pada kuda bentuknya seperti ginjal (Widayati et al., 2008). 

0 Response to "Ovarium Definisi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel