-->

Hikayat Mahasyodak



Dapat tugas sekolah suruh nulis hikayat , bingung mau nulis apa . :D
Tenang aja mumpung gue lagi baik hati ni. Haha
Saya kasih hasil tulisan hikayat buatan saya dengan judul Hikayat Mahasyodak , monggo dicopas tapi jangan lupa camtumkan sumber ya untuk trimakasih. hehehe


Hikayat Mahasyodak

Ada seorang saudagar bernama Buka Sakti dianjurkan menikah lagi karena sudah lama tidak memiliki anak. Lalu dengan Ratna Kasina ia menikah dan memiliki seorang putra, bernama Mahasyodak, yang arif lagi bijaksana. Sejak kecil ia sudah membantu ayahnya mengadili orang yang berbuat salah dan menyelesaikan berbagai macam masalah. Ketika berusia tujuh tahun, raja hendak menjadikannya sebagai pegawai negeri (abdi raja). Namun, dihalangi oleh empat guru raja dengan berbagai macam syarat yang diajukan mereka. Tapi, Mahasyodak dapat mememenuhi semua syaratnya.
Di suatu tempat lain, ada pendeta yang memiliki lima murid, salah satunya adalah si Celaka yang dinikahkan dengan Puteri Mereka Dewi, putri pendeta. Namun, si Celaka  melarikan diri dari istrinya. Ia menipu Puteri Mereka Dewi dan meninggalkannya di atas pohon. Kebetulan, raja tengah lewat di depan pohon itu. Mahasyodak menyarankan raja untuk menikahi Puteri Mereka Dewi. Ketika raja tahu asal-usul Puteri Mereka Dewi, ia sangat senang istrinya berasal dari keluarga yang mulia. Mahasyodak semakin disayang raja, sementara empat guru raja semakin membencinya.
Suatu ketika Mahasyodak ditanya raja dan ia pun menjawab bahwa orang berakal lebih baik daripada orang yang berharta, namun empat guru raja menentangnya. Akhirnya, raja mengurung Mahasyodak dan keempat gurunya di dua gedung yang dibuat dari papan, tetapi terlihat seperti gedung batu. Bilik Mahasyodak hanya berisi beberapa peralatan sementara keempat guru raja berisi harta selain peralatan yang sama. Namun hanya Mahasyodak yanng berhasil menemukan gedung yang berisi makanan disamping kedua gedung tersebut. Keempat guru pun terpaksa membeli makanan dari Mahasyodak. Suatu hari, seorang dewata turun dan mengancam akan membunuh raja kecuali empat teka-tekinya dapat dijawab. Mahasyodak dapat menjawabnya dengan mudah.
Ketika Mahasyodak berumur 14 tahun, raja hendak memberinya istri. Mahasyodak menolak karena karena ingin mencari istri sendiri. Mahasyodak melihat seorang gadis muda cantik yang bernama Citata di tengah jalan. Sebelum Mahasyodak menjadikan gadis itu sebagai istrinya, ia menguji kebijaksanaan, kesabaran, kepandaian, dan kasetiaan Citata. Citata dapat membuktikan dirinya bijaksana, sabar, pandai, dan setia. Akhirnya keduanya menikah.

Maaf Baru Ini Kapan-Kapan Gue Tambah Lagi. heehe


0 Response to "Hikayat Mahasyodak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel