-->

Sistem Organ Pada Manusia


Pengertian Sistem Organ- Tubuh kita terdiri atas berbagai macam bagian-bagian yang mempunyai fungsi dan tugas berbeda-beda, antara lain mulut, hidung, kulit yang merupakan bagian-bagian luar, sedangkan bagian dalam yaitu jantung, paruparu, hati, ginjal, dan lain-lain. Semua bagian-bagian tersebut dinamakan organ. Jadi, apakah yang dimaksud organ? Jika dilihat dari hierarkinya, organ merupakan kumpulan dari berbagai jaringan yang bekerja sama menjalankan satu fungsi yang sama. Misalnya, usus, merupakan organ dalam yang tersusun dari berbagai macam jaringan, antara lain jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot, dan saraf. Jaringanjaringan tersebut bekerja sama dalam rangka menjalankan fungsi usus sebagai alat penyerapan.

Di dalam tubuh kita berlangsung proses-proses metabolisme, baik katabolisme maupun anabolisme. Proses-proses tersebut berlangsung terkoordinir dan dilakukan oleh serangkaian organ-organ tubuh. Misalnya, saat Anda melakukan aktivitas makan. Coba sebutkan organ-organ yang terlibat untuk menjalankan aktivitas tersebut! Tentu saja perlakuan pertama mulut, diteruskan ke kerongkongan, kemudian lambung, usus halus, usus besar, dan terakhir anus. Proses-proses tersebut dilaksanakan oleh beberapa organ untuk menjalankan fungsi, yaitu pencernaan. Inilah yang disebut dengan sistem organ. Jadi apakah yang dimaksud sistem organ? Sistem organ merupakan kumpulan dari berbagai organ yang bekerja sama untuk melakukan suatu fungsi tertentu. Sistem organ selanjutnya akan membentuk individu.

Ada beberapa sistem organ dalam tubuh manusia antara lain, sistem organ pencernaan, respirasi, reproduksi, sirkulasi, gerak, ekskresi, saraf, peredaran darah, dan lain-lain. Perhatikan Tabel berikut!

 Tabel Bagian-bagian Sistem Organ dan Fungsinya

No
   

Sistem
   

Organ
   

Fungsi

1.Sistem pencernaan
   

Mulut, faring, eksofagus, lambung, usus, hati, kantong empedu, dan pankreas
   

Mencerna makanan, mengabsorbsi molekul-molekul makanan yang sudah disederhanakan

2.Sistem pernafasan
   

Hidung, faring, laring, trakea, bronkus, paru-paru
   

Pertukaran gas (oksigen dan karbon dioksida)

3.Sistem gerak
   

Tulang, otot
   

Menyokong dan melindungi organ dalam

4.Sistem transfortasi
   

Jantung, arteri, vena, kapiler, pembuluh limfatik, kelenjar limfa
   

Mengangkut oksigen dan sari makanan ke seluruh sel tubuh, dan mengangkut zat hasil metabolisme yang tidak berguna keluar dari sel tubuh, serta melindungi tubuh dari penyakit

5.Sistem ekskresi
   

Paru-paru, ginjal, kulit dan hati
   

Mengeluarkan sisa metabolisme dari dalam tubuh dan menjaga kesembangan sel dengan lingkungannya

7.Sistem reproduksi
   

Testes, ovarium
   

perkembangbiakan

Sumber : http://budisma.web.id

1 Response to "Sistem Organ Pada Manusia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel